Looping Dalam PASCAL

Apa itu Looping…??

Secara sederhana looping diartikan sebagai proses berulang terhadap statement maupun serangkaian statement lebih dari satu kali. Jadi inti dari proses looping adalah mengeksekusi suatu baris perintah dalam jumlah tertentu. di dalam bahasa pascal dikenal 3 jenis looping. yaitu :

  1. For to dan Down to
  2. While dan Do While
  3. Repeat Until

Perhatikan tiga jenis looping diatas. Kalau kita lihat dari hasil proses looping  kelihatannya tidak ada perbedaan dari ketiga jenis loopng tersebut. Semua jenis kode diatas akan mengulang perintah yang kita maksudkan dalam beberapa kali kesempatan.

Tetapi jika kita cermati dari proses loopingnya maka ketiga jenis looping diatas mempunyai cara kerja yang berbeda. berikut penjelasan beserta contoh kode program dalam bahasa pemrograman pascal.

1. Looping For

Looping FOR merupakan jenis looping yang menggunakan counter yang sudah kita inisialisasikan di dalam looping tersebut. Nilai awal counter dan akhir counter kitalah yang menentukan. Jenis looping ini sangat cocok digunakan untuk perulangan yang dimana kita sudah mengetahui jumlah perulangan yang akan kita lakukan. bentuk dari looping for adalah sebagai berikut.

For variabel := nilai awal To nilai akhir Do Statement;

Atau

For variabel := nilai awal DownTo nilai akhir Do Statement;

Dimana variabel harus ordinal type

Contoh :

Var I : Integer;

Begin
For I := 1 To 10 Do Writeln(' SMAN 1 Teladan ');
End.

2. Looping While
Berbeda dengan looping FOR, di dalam looping while ini kita tidak menentukan / menginisialisasikan nilai awal dan akhir counter. Lha trus bagai mana cara looping ini berjalan dan berhenti..??Jawabannya adalah karena looping pada while menggunakan kondisi untuk menjalankan dan mengakhiri looping. Jika suatu kondisi memenuhi nilai TRUE maka looping akan berjalan, dan looping akan berhenti jika kondisi memenuhi nilai FALSE. Berikut penjelasan kode untuk while..

While condition Do Statement;

Contoh :

I := 1;
While I <= 10 Do
Begin
Writeln(' SMAN 1 Teladan ');
I := I + 1;
End;

 

3. Looping Repeat Until
Secara sederhana perulangan menggunakan repeat until hampir sama dengan perulangan menggunakan while. Perbedaan antara looping menggunakan while dan looping menggunakan repeat adalah jika looping menggunakan while proses perulangan akan dimulai jika suatu kondisi bernilai TRUE/FALSE, tetapi jika pada looping repeat proses perulangan akan diakhiri jika suatu kondisi bernilai TRUE/FALSE. Berikut penjelasan kode untuk perulangan repeat..

Repeat
Statement;

Until condition;

Contoh :

I := 1;
Repeat
Writeln('PentaCOM');
Inc(I);
Until I <= 10;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Switch to our mobile site